© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PERMAINAN CATUR INGGRIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX
Penulis
DENI FAJAR PRATAMA
Pembimbing : E.N. Tamatjita, S.Kom., M.M.,M.CS - Dwi Nugraheny, S.Kom., M.CS.

ABSTRAK :
Saat ini perkembangan teknologi komputer semakin tumbuh berkembang pesat, terutama dari segi permainan atau game yang tentunya tidak asing lagi bagi para penggemarnya dari anak-anak hingga orang dewasa. Permainan memiliki dampak positif yaitu dengan permainan atau game secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan otak, dan meningkatkan daya ingat serta kesabaran. Catur Inggris adalah permainan strategi seperti catur yang berasal dari kota Pekanbaru, Riau yang pada umumnya yang dimainkan oleh dua orang, namun lebih sederhana. Permainan Catur Inggris ini berbasis Android dengan bahasa pemrograman C#. Permainan Catur Inggris menggunakan algoritma Minimax dengan tiga tingkat kesulitan yaitu, mudah, sedang, dan sulit. AlgoritmaMinimax adalah suatu algoritma yang menggunakan teknik Depth- First Search untuk mencari solusi langkah dengan kedalaman terbatas. Hasil yang diperoleh dari pengujian dengan menggunakan algoritma Minimax adalah 80% dengan lima kedalaman pohon Depth-First Search empat kemenangan untuk komputer dan satu kemenangan untuk pemain, dengan demikian algoritma Minimax dapat berfungsi dengan baik pada permainan Catur Inggris, dan hasil uji pengguna dengan 30 responden memperoleh hasil 84%, dengan demikian permainan Catur Inggris mendapat respon yang sangat baik dari pengguna


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DENI FAJAR PRATAMA
NIM : 11030032
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024